Aksesoris Penangkal Petir

Merupakan komponen pendukung atau aksesoris dari instalasi penangkal petir yang bersifat relatif yaitu dapat diaplikasikan maupun tidak, dan apapun keputusanya tidak menggaggu ataupun mengurangi kehandalan instalasi panangkal petir yang ada. Hal ini dikarenakan spesifikasi dari keselruhan komponen instalasi penangkal petir menyesuaikan dari kebutuhan dan keinginan dari pengguna.  Memang setiap produk yang kami tawarkan dapat menambah nilai fungsi dari instalasi penangkal petir, hal ini menjadi instalasi menjadi lebih baik dan handal dari instalasi standar lainnya.
Berbagai macam aksesoris penangkal petir yang kami tawarkan :

1. OBSTRUCTION LAMP
Obstruction lamp atau yang lebih dikenal dengan istilah lampu tower merupakan kategori material sebagai aksesoris dari instalasi penangkal petir. Lampu tower ini sama halnya dengan lampu lainnya, hanya saja bentuk dan spesifikasinya yang berbeda. Terdiri dari penutup lampu yang dominan terbuat dari kaca cor, body lampu tempat rangkaian dan fiting lampu, lampu LED / XL sebagai lampu utama. Lampu tower ini lebih berfungsi sebagai penanda dalam bentuk cahaya dengan warna dominan merah, sebagai tanda terdapat suatu instalasi penangkal petir di ketinggian tertentu pada lokasi tersebut. Penggunaan lampu tower menjadi penting tatkala terdapat faktor ketinggian dan lokasi yang menjadi pertimbangan utama. Untuk faktor ketinggian yang melebihi ketinggian instalasi rata-rata, seperti instalasi tower BTS / seluler yang biasanya ketinggiannya mencapai 50 meter. Hal ini membuat instalasi harus memiliki tanda cahaya pada malam hari, sehingga tidak mengganggu lalu lintas udara jika terdapat pesawat melintas. Untuk faktor lokasi terpenting hanya sebagai penanda sehingga mudah dikenali.

2. LAMPU KEDIP
Lampu Kedip ini biasa kita jumpai di tower radio, parabola dan lain sebagainya. Lampu ini sama halnya dengan lampu yang lainya, hanya saja perbedaan lampu ini bisa berkedip. Terdiri dari penutup lampu yang dominan terbuat dari kaca plastik, body lampu tempat rangkaian dan fiting lampu, lampu LED sebagai lampu utama. Lampu tower ini lebih berfungsi sebagai penanda dalam bentuk cahaya dengan warna dominan merah, sebagai tanda terdapat suatu instalasi penangkal petir di ketinggian tertentu pada lokasi tersebut.

3.PHOTOCELL
Photocell merupakan alat sensor dari rangkaian instalasi lampu tower. Alat ini lebih berfungsi sebagai saklar otomatis dengan sensor cahaya. Jadi photocell akan bekerja jika kondisi disekitarnya telah malam hari atau intensitas cahaya berkurang (sperti ketika mendung, kabut dll). Dengan kata lain lampu tower akan otomatis menyala jika intensitas cahaya disekitanya berkurang atau kondisi telah gelap. Alat ini sangat bermanfaat tatkala faktor manusia tidak difungsikan, sehingga menjadi otomatisasi. Alat ini biasa di pasang pada instalasi penangkal petir bagian atas, sehingga sensor menjadi lebih peka dan efektif.

4.CONNECTOR SLVEEVE
Connector sleeve merupakan aksesoris dari instalasi penangkal petir. Connector lebih berfungsi sebagai pencegah induksi dan loncatan arus rambatan petir dari air terminal ke pipa penyangga. Pada sebagian kecil terdapat instalasi penangkal petir yang tidak menggunakannya, karena faktor air terminal telah diklaim oleh vendor telah aman dan tidak akan terjadi induksi dan loncatan arus rambatan petir. Connector terbuat dari bahan yang bersifat isolator tinggi, sehingga berfungsi dengan baik. Resiko yang biasa timbul jika tidak menggunakan connector yaitu arus rambatan petir akan mengalir melalui tiang penyangga dan merambat pada material konduktor lain disekitarnya, sehingga berbahaya jika dekat dengan jangkauan manusia.

5.CADWELD
Cadweld bisa diperumpamakan seperti kompor peleburan untuk material tembaga. Fungsi utamanya sebagai media atau alat penyambungan dengan teknik ledakan skala kecil. Sehingga material tembaga dapat melebur menjadi satu dan menghasilkan sambungan yang handal. Menggunakan cadweld membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dikarenakan jika konsisten maka setiap tiitik sambungan harus seluruhnya dicadweld.

6.SKY COUNTER
Disebut juga sebagai alat pencatat sambaran petir yang telah terjadi. Dengan menggunakan alat ini kita bisa mengetahui intensitas sambaran yang terjadi pada daerah tersebut. Alat ini bekerja menggunakan induksi arus petir yang mengalir pada hantaran penurunan. Ini juga membuktikan bahwa rangkaian komponen penangkal petir dari atas hingga bawah bekerja sebagaimana fungsinya.

7.SURGE ARRESTER
Arrester seperti gambar di atas berfungsi untuk melindungi suatu instalasi (terutama instalasi listrik) dari induksi arus abnormal yang diakibatkan suatu rambatan arus petir.

8.SEMEN KONDUKTIF ( KHARCOAL )
Kharcoal Adalah Bahan Konduktif yang berfungsi untuk membantu meningkatkan konduktifitas tanah terutama pada daerah yang nilai tahanan tanahnya cukup tinggi seperti daerah berpasir, bebatuan, mengandung material oksida dan lainya. Kharcoal dapat menurunkan nilai tahanan tanah lebih dari setengah dibanding dengan tanpa penggunanaan Kharcoal.

9. SEMEN BENTONIT
Na-bentonit sering juga di sebut Wyoming Bentonit sintetis. Sedangkan Ca-bentonit juga dikenal sebagai produk NKH, TONSIL, GALLEON dls,  Ca-bentonit di pakai untuk bahan perekat, pengisi (Filler) , & lumpur bor . Pengggungaan Na-bentonit untuk pengeboran sebenarnya bersaing dengan lempung lain yang telah diaktivasi. Misalnya, Pada pengeboran di daerah bergaram & geothermal, Pemakaian Na-bentonit tidak memperoleh hasil baik, Karena dapat terjadi pengendapan kerak - kerak akibat pengaruh cairan elektrolit. Pemakaian yang lain adalah untuk pengecoran logam, Pembuatan pallet knsentrat besi lain, Teknik Sipil, Sebagai Bahan Pemucat, Katalis dll.